Senin, 23 Mei 2011

Mensiasati file excel yang terlalu besar

Saya lebih suka Excel 2003 walau jumlah barisnya 65.000 baris. Dalam pemakaian sehari hari saya pernah menggunakan file sampai file Excel tersebut berkembang ukurannya menjadi 10 MB per satu file excelnya.Wah beratnya bukan main kalau saya buka dirumah karena prosessing komputer di rumah kecil Tapi dikantor sudah pakai Intel Core Duo jadi tidak begitu masalah. Ukuran file tersebut membesar karena banyaknya link, rumus rumus reference seperti vlookup, hlookup, sumif, dst.... Dengan makin banyaknya data dan perhitungan yang akan dimasukkan lagi file tersebut mungkin akan menjadi 20 MB.
http://mymacrosformula.blogspot.com/
Sehingga saya mencari jalan keluarnya yaitu dengan Copy paste value, saya pecah file tersebut menjadi 3 s/d 4 file. Dan perpindahan perhitungan antar file menjadi value dengan macro dan copy dan paste di file satunya dengan macro atau AHK.
http://mymacrosformula.blogspot.com/
dan cara lainnya adalah dengan membagi file menjadi file khusus untuk perhitungan dan file khusus untuk laporan atau tampilan saja tanpa rumus. memisahkan filenya bisa dengan macro seperti yang saya bahas pada posting selnajutnya di :

http://mymacrosformula.blogspot.com/2012/10/mensiasati-file-yang-terlalu-besar-bag2.html

http://mymacrosformula.blogspot.com/

2 komentar:

  1. lanjutin dong penjelasannya..

    gimana caranya, please....

    bagaimana caranya copy paste value and mecah file dan macronya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lanjutannya ada diposting berikutnya :

      http://mymacrosformula.blogspot.com/2012/10/mensiasati-file-yang-terlalu-besar-bag2.html

      Hapus

Page View