Rabu, 17 September 2014

Membuat link dengan mudah menggunakan menu paste link

Pekerjaan yang cukup memakan waktu pada excel salah satunya adalah membuat link link perhitungan. adakah cara yang lebih mudah dalam membuat link di excel?
 http://mymacrosformula.blogspot.com
Biasanya kalau mau membuat link pertama di cell yang kita taruh link kita ketik "=" atau "+" lalu kita arahkan cursor ke sumber link. sumber link ini bisa bermacam macam bisa dari sheet yang sama, bisa dari sheet yang berbeda tapi file yang sama, bisa juga dari file yang berbeda dan malah berbeda folder lagi. contoh seperti dalam gambar

http://mymacrosformula.blogspot.com 



kalau cuma bikin  satu link tidak begitu merepotkan, tapi kalau ratusan atau ribuan. hayoooo. masa bolak balik dari file satu ke file yang lain atau dari sheet satu ke sheet yang lain sampai puluhan kali.

http://mymacrosformula.blogspot.com
Membuat link memang merepotkan tapi ada beberapa tips yang dapat mengurangi kesusahan tersebut :

  1. Menggunakan paste special paste link.
Disini kita mengubah cara membuat link dari cara yang biasanya. Biasanya cursor ditaruh ditempat link lalu dicari sumber linknya. seperti gambar diatas. Sekarang cara yang baru kebalikannya.

Yaitu kita cari sumber link dulu baru kita copy dengan "CTRL+C" atau klik kanan pilih copy. baru kita cari tempat dimana link akan ditempatkan. Cell dimana Link akan ditempatkan tinggal paste link dari menu paste spesial. Dengan cara klik kanan pilih paste spesial dan pilih paste link kemudian enter. nah otomatis hasilnya nanti di cell nya langsung kelihatan formula linknya ke sumber asal.

Tapi perlu di ingat disini hasil link sudah memakai absolut atau tanda $ yang artinya kalau mau copy ke bawah atau kemana saja linknya akan tetap tidak mengikuti cell. contoh dibawah :

Membuat link dengan mudah menggunakan Paste link

http://mymacrosformula.blogspot.com 
     2.    Cara diatas bisa digunakan untuk membuat link dari cell yang banyak misal beberapa baris, atau beberapa kolom bahkan satu tabel penuh bisa dicopy linknya dengan menggunakan cara yang diatas.

     3. Untuk lebih memudahkan lagi pada excel 2007 keatas, bikin aja paste spesial--> paste link menjadi shortcut atau icon.
Dengan cara klik kanan dan pilih add quick access toolbar. nanti akan muncul icon bulat disamping icon save dst dipaling atas.



Untuk mengetahui shortcutnya tekan ALT nanti di icon icon paling atas disamping icon save dan icon lainnya akan angka angka, setiap icon ditandai angka mulai icon save ditandai no.1, lalu mungkin undo no.2 , dst.... baru icon bulat baru yang dibuat pasti ada angka yang menandainya. misalnya tandanya mungkin no. 7. Itu artinya kalau mau paste link tinggal tekan "ALT+7" untuk membuat paste link. tidak perlu lagi klik kanan atau pilih gambar paste.
http://mymacrosformula.blogspot.com

Semoga berguna untuk menanggapi komentar dibawah.

Cara add quick access toolbar ini juga berguna untuk fungsi yang lainnya seperti paste value, paste formula, dan lainnya.
 http://mymacrosformula.blogspot.com

6 komentar:

  1. isi artikelnya bagus,, cuma di awal-awal kata2nya agak susah dimengerti.. tp lumayan ngebantu buat tugas kantor.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih atas komentarnya. (jadi semangat lagi bikin postingan). Oke kalimatnya akan saya perbaiki secepatnya.

      Hapus
    2. wah kebetulan ini yg saya cari belakangan ini. saya pengen cari cara buat shortcuts paste link biar gak bolak-balik cari tool iconnya lagi.
      trim's sajiannya ghan... artikel menarik, sangat membantu nih.

      Hapus
  2. Terima kasih atas komentarnya, semoga blog ini bisa berguna bagi semuanya.

    BalasHapus
  3. Terima kasih info berharganya. Saya menggunakan microsoft office 2010, mengikuti procedure di atas masih berjalan saat tekan tombol alt. Namun tak muncul icon baru. Kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih sudah berkunjung.

      Mungkin bisa dicoba lagi dengan Add Quick Access Toolbar seperti dijelaskan di posting diatas. (update baru 22 jan 2014 khusus menanggapi komentar saudara) agar lebih jelas juga ditambahkan gambarnya.

      Hapus

Page View