Kamis, 21 Juni 2012

Kegunaan setting regional pada format angka di excel

Pertama saya jelaskan dulu dimana letak setting regional ini :
Setting regional ini letaknya di control panel --> Regional and language option spt gambar di bawah :
 <'' gambar setting regional ">
http://mymacrosformula.blogspot.com

Apa pengaruhnya regional ini pada excel?
Sangat pengaruh terutama saat kita akan menyalin atau copy paste dari aplikasi lain misal : web banking, SAP, program program perhitungan lainnya ke excel.
Dan juga saat kita download dari aplkasi alikasi tersebut ke folder lokal. biasanya di download dalam bentuk ext .xls, .csv atau txt. kalau setting regional kita tidak disesuaikan file yang kita buka nanti malah menjadi text dan angkanya tidak bisa dijumlahkan atau menjadi text bukan numeric.
http://mymacrosformula.blogspot.com
Ilustrasinya seperti ini :
misal kita ada aplikasi namanya program penjualan mau kita kopi paste ke excel dengan blok layar tampilan aplikasi dan paste di excel.
- Pertama kita perhatikan dulu letak titik komanya di aplikasi, ternyata contohnya seperti ini 450,000 (berarti ini format satuan angka adalah english united state ) yaitu ribuan dipisahkan dengan koma.

- maka kita setting Regional and language option menjadi english united state.
- lalu kita paste salinan tampilan layar aplikasi tadi ke excel maka hasilnya akan sesuai seperti yang kita harapkan dan angkanya bisa dijumlah dengan benar.
http://mymacrosformula.blogspot.com
- Nah, bagaimana kalau kita setting Regional and language option menjadi Indonesia (ribuan dipisah titik). maka nanti hasil pastenya  di excel adalah menjadi kacau angka 450,000 menjadi dianggap cuma 450 atau malah tidak bisa dihitung karena dianggap text bukan numeric.

Begitu juga sebaliknya misal diaplikasi setting nya titik koma maka sebaiknya kita atur juga Regional and language option menjadi Indonesia. agar nanti perhitungan berjalan lancar.

http://mymacrosformula.blogspot.com
Ada juga cara agar kita tidak usah mengganti Regional and language option yaitu dengan text to column (saya menyebutnya "ALT+D+E". Di Excel 2007 menunya ada di Data --> Text to Column.
biasanya setelah paste di excel atau buka file yang formatnya beda dari versi excel yang ada, akan muncul gambar berbentuk gambar paste kalau kita klik maka akan langsung menuju menu text to column.

Pada Text to Column ini pada step yang ketiga kan ditanyakan setting format angkanya yaitu pemisah decimal nya apa koma atau titik dan pemisah ribuannya apa koma atau titik.
http://mymacrosformula.blogspot.com
demikian dulu kalau ada yang belum bisa ditanyakan ke saya

2 komentar:

  1. Tambahkan juga dong untuk kode macro vba nya, untuk mengubah text to kolom.

    BalasHapus

Page View