Minggu, 10 Oktober 2010

Bagaimana membuat otomatisasi dengan macro desktop AHK

Dengan Autohotkey kita bisa membuat dashboard atau interface yang keren, dimana didalamnya kita tempatkan tombol tombol shortcut atau tombol run suatu program yang sering kita gunakan. tombol tersebut nantinya akan membuka file yang kita inginkan bisa excel, word, pdf, powerpoint dsb dan nantinya bisa juga digunakan untuk menjalankan suatu program hasil macro desktop recorder.

Untuk memulainya dari yang sederhana saja dulu. Kita tinggal klik record macro lalu kita kerjakan suatu proses pekerjaan apa saja selesai lalu klik stop record macro. dan sudah selesai kita bikin program
otomatisasi di autohotkey. Baru setelah itu kita bisa melihat program program yang sudah kita bikin dan melihat kode kode macro yang otomatis terbentuk dengan menekan tombol record tadi. Lalu coba jalankan program macro yang udah dibikin tadi dengan menekan tombol play. dan lihat hasilnya apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan. Mulailah latihan dengan cara di atas.

Hasil script tadi bisa kita edit beberapanya diantaranya yaitu mengenai pengaturan waktunya misal sleep 100 s/d sleep 1000. Lalu yang lebih aman adalah dengan menggunakan tab daripada mouse pada waktu menggunakan macro desktop recorder tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Page View