Sabtu, 11 Agustus 2012

Bagaimana Membuat otomatisasi dengan macro excel VBA

Otomatisasi memang diperlukan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Beberapa keuntungan nya diantaranya :
  • Memperpendek waktu pemrosesan perhitungan (http://mymacrosformula.blogspot.com)
  • Menyederhanakan masalah dengan adanya dashboard atau shortcut interface
  • Memperpendek waktu berpikir dan mengurangi energi berpikir yang tidak perlu. ( misal : setelah ini klik ini plus ini copy ini dan paste ini akan memakan waktu lama dan melelahkan. Dengan otomatisasi itu semua tidak terjadi.)(http://mymacrosformula.blogspot.com)
  • Tidak perlu mengingat rumus atau prosesnya mulai dari awal lagi.
Otomatisasi diperlukan untuk pekerjaan yang sifatnya berkala misal rutin harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan. Dan bisa juga dikerjakan untuk suatu pekerjaan yang sangat banyak dan lebih banyak lagi sehingga akan memerlukan proses berbulan bulan atau sampai tahunan. Dengan otomatisasi pekerjaan berbulan bulan
tersebut dapat dikerjakan dalam hitungan hari.(http://mymacrosformula.blogspot.com)

(http://mymacrosformula.blogspot.com)

Dalam pekerjaan pembuatan laporan maupun perhitungan perhitungan otomatisasi dapat dibuat dengan menggunakan macro excel vba, Cara membuat program otomatisasi dengan macro seperti merekam tape recorder dan memainkannya lagi.
(http://mymacrosformula.blogspot.com)

Untuk memulainya dari yang sederhana saja dulu. Kita tinggal klik record macro lalu kita kerjakan perhitungan perhitungan seperti klik cell ini bikin rumus, lalu copy dan klik cell ini lagi lalu copy lagi ke sheet ini baris sekian paste dan seterusnya sampai perhitungannya selesai lalu klik stop record macro. dan sudah selesai  kita bikin program otomatisasi di excel. Baru setelah itu kita bisa melihat program program yang sudah kita bikin dan melihat kode kode macro yang otomatis terbentuk dengan menekan tombol record tadi. Lalu coba jalankan program macro yang udah dibikin tadi dengan menekan tombol play. dan lihat hasilnya apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan. Mulailah latihan dengan cara di atas.

Pada Excel 2007 pilih menu View --> Macros --> Record macro   ( untuk memulai merekam macro )


Pada Excel 2007 pilih menu View --> Macros --> View macros --> Edit ( untuk melihat program /kode macro selesai merekam )
(http://mymacrosformula.blogspot.com)



Pada Excel 2007 pilih menu View --> Macros --> View macros --> Run ( untuk menjalankan program /kode macro yang sudah direkam )
(http://mymacrosformula.blogspot.com)


Nanti setelah selesaikan dijalankan. dilihat kalau hasilnya tidak sama maka perlu diperhatikan ada beberapa kode macro dari recording yang tidak jalan. hal ini karena beberapa hal. salah satunya karena navigasi cell yang tidak bisa di record oleh recorder macro. Untuk itu kode macro perlu di edit manual dengan kode navigasi cell yang sesuai dan benar. (lihat artikel sebelumnya navigasi cell 1, navigasi cell 2, dan contoh kode macro )
(http://mymacrosformula.blogspot.com)
Setelah itu kita (akan ketahap selanjutnya...)

4 komentar:

  1. salam,,
    saya sedang mencoba belajar macro secara otodidak,,
    mudah2an blog anda bisa membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam juga

      Terima kasih sudah komentar, blog ini bukan tutorial lengkap.
      (banyak blog lain yang lebih lengkap, terutama yang berbahasa inggris)

      Blog ini tujuannya hanyalah untuk mengenalkan macro dan menarik orang untuk memakai macro. Dimulai dengan metodologi yang lebih sederhana dan mudah dipahami.

      Terus terang saya juga belajar otodidak, sehingga tutorial tidak selengkap yg sudah advance.

      Tapi bagi pemula dan yang sama sama belajar seperti saya, mudah mudahan blog ini bisa banyak membantu.

      Hapus
  2. kita juga punya nih artikel mengenai 'Otomatisasi', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/7125/1/OTOMATISASI%20RUANGAN%20BERBASIS%20MIKROKONTROLER%20ATMEGA%208535.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih infonya sangat berguna. tulisan ilmiahnya sangat bermanfaat. kaya ruangan dengan sensor otomatis kaya di film Cloud atlas 2012. Dulu juga pernah bercita cita pingin buat robot tapi tidak kesampaian. sekarang dilampiaskan ke program program komputer kecil

      Hapus

Page View